. .: Wajah Pendidikan Kita

.

zwani.com myspace graphic comments
pimp your myspace
16.40

Wajah Pendidikan Kita

Diposting oleh VDize

Dewasa ini banyak sekali keluhan-keluhan yang muncul didunia pendidikan kita, dimana tidak bisa terakomodirnya aspirasi intelektual masyarakat yag sudah kian semakin kritis, dimulai dari akan dibawa kemanakah wajah pendidikan kita? Sebuah pertanyaan yang sangat mendesak untuk dijawab, belum lagi ditambah dengan masalah yang ada pada SDM kita, perlukah adanya up-grading?? fenomena yang sama skali tidak bisa kita remehkan, karena nasib bangsa ini menjadi taruhannya. samapai kapan kita akan diam saja dengan situasi yang akan membawa kita kepada keterpurukan?
pendidikan kita sedang gencar-gencarnya membicarakan tentang pembentukan karakter (character building)dimana banyak alasan yang mengatakan bahwa metode ini sangat cocok untuk wajah pendidikan kita, tapi pertanyaan yang muncul setelah itu adalah….bagaimana dengan indikator dan tata nilai penerapannya????
ternyata tidak hanya sampai disitu permasalahannya, siswa kita sekarang ini butuh role model atau panutan yang bisa dikatakan sebagai pijakan awal siswa untuk menggapai imaginasinya dalam perkembangan intelektualnya.
apakah kurikulum kita sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis yang muncul??? jawabnya adalah “BELUM”, kemudian apa langkah kita selanjutnya untuk menyikapi ini, dimana pada jaman sekarang ini dibutuhkan pribadi-pribadi yang inovatif, kompetitif, dan juga mandiri, sehingga menurut saya ada baiknya kurikulum di indonesia dirubah total yang bisa memberikan kebebasan bagi para praktisi pendidikan (guru dan dosen) untuk bisa mengembangkan intelektualitasnya dan bisa memacu daya kritis siswa sehingga dengan demikian bisa tercipta kondisi intelektulitas yang kondusif, transparan, bisa dipertanggung jawabkan dan juga bisa bershabat dengan teknologi-teknologi mutakhir yang sangat sarat sekali dalam berkembangnya suatu bangsa.
anselmus arie.M.,S.Pd.






0 komentar:

Posting Komentar

| | |